Simulasi Skala Besar (SSB) Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) dan Asesmen Kompetisi Minimum (AKM)

Simulasi Skala Besar (SSB) Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) dan Asesmen Kompetisi Minimum tingkat SMP/MTs Sederajat dilaksanakan hari ini Selasa, 1 Desember 2020 mulai jam 09.00 sampai selesai. SSB ini merupakan salah satu dari sosialisasi Asesmen Nasional (AS).

Pelaksanaan SSB ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam pelaksanaanya setiap sekolah menyiapkan maksimal 5 orang siswa dari kelas VIII sebagai peserta, satu proktor, serta perangkat komputer PC atau Laptop disertai sambungan internet. Untuk mekanismenya sama seperti ujian nasional biasa, tetapi saat ini full online.

Tujuan dari pelaksanaan ini, untuk mengetahui kesiapan perangkat dan juga sistem aplikasi yang dibuat oleh pihak pusat. Simulasi yang diukur saat ini bukan capaian siswa, tapi persiapan teknis, aplikasi dan kesiapan perangkat di sekolah.

Dalam Assesmen Nasional (AN) memiliki 3 kriteria uji, yaitu Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan.

Dari 5 siswa yang mengikuti, 2 anak dapat mengerjakan dengan lancar tetapi untuk 3 anak yang lainnya terkendala kesulitan login dan error 404 dari awal sampai akhir sesi.

Berikut dokumentasi SSB:




0 comments: