Pengertian Silabus
Fungsi
Silabus mencakup komponen:
D. Rumusan Materi Pembelajaran
Rencana Pembelajaran untuk satu mata pelajaran di kelas atau satu tema tertentu yang terdiri atas beberapa materi pokok atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Fungsi
Silabus merupakan rancangan minimal pembelajaran yang dijadikan dasar bagi guru untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik, dan masyarakat yang dilayani oleh suatu satuan pendidikan
Landasan Pengembangan Silabus
- Silabus dikembangkan dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk setiap mata pelajaran atau tema.
- Diawali dengan pemetaan KI/SK dan KD
Mencantumkan:
- Nama sekolah
- Mata pelajaran
- Kelas
- Semester
- Alokasi waktu
Silabus mencakup komponen:
- Kompetensi Inti ( Permendikbud no 21 tatun 2016)
- Kompetensi dasar (KD : Permendikbud no 24 tahun 2016 )
- Materi Pembelajaran (MP),
- Kegiatan Pembelajaran (KP),
- Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK),
- Penilaian (P),
- Alokasi Waktu (AW) dan
- Sumber Belajar (SB).
- Penguatan Pendidikan Karakter
Mencakup seluruh KI pada Permendikbud no. 21 tahun 2016 dan KD pada Permendikbud no. 24 tahun 2016
D. Rumusan Materi Pembelajaran
- Dikembangkan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif (fakta, konsep dan prosedur), afektif sikap (perilaku) dan psikhomotor (keterampilan) pada setiap KD.
- Urutan materi pembelajaran dikembangkan sesuai IPK, dengan memperhatikan pendekatan prosedural dan hirarkis.
- Mengintegrasikan potensi, kenunggulan dan budaya daerah setempat.
E. Rumusan Kegiatan Pembelajaran
- Menjabarkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran sesuai dengan IPK
- Dikembangkan mengacu pada tingkatan kompetensi pada IPK (hasil pemetaan KI/KD)
- Urutan kegiatan pembelajaran sesuai dengan urutan tingkatan kompetensi pada IPK
- Mengimplementasikan inovasi pembelajaran (metode/model) sesuai dengan tututan KD
- Mencantumkan pembelajaran TM, PT dan KMTT sesuai dengan tuntutan KD
F. Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
- IPK sesuai dengan hasil pemetaan KI/KD pada Standar Isi
- Kata Kerja Operasional (KKO) pada IPK tidak melebihi tingkatan KKO dalam KD
- Setiap KD dikembangkan menjadi > 3 KKO
- KKO mencakup ranah kompetensi afektif, kognitif dan psikomotor, sesuai tuntutan KD.
G. Rumusan Penilaian
- Mencantumkan bentuk dan jenis penilaian yang dikembangkan berdasarkan IPK.
- Bentuk dan jenis penilaian mencakup ranah kompetensi afektif, kognitif dan psikomotor, sesuai tuntutan KD.
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar Observasi, Jurnal
|
Penilaian Diri
|
Daftar Cek, Skala Likert
|
Penilaian Antarteman
|
Daftar Cek, Skala Likert
|
Teknik dan Bentuk Instrumen Pengetahuan:
Teknik Penilaian Keterampilan:
H. Rumusan Alokasi Waktu
- Mencantumkan alokasi KD untuk setiap KD sesuai dengan hasil pemetaan KI/KD pada standar isi
- Mengacu pada jumlah minggu efektif belajar dan alokasi yang tercantum dalam struktur kurikulum.
I. Rumusan Sumber Belajar
- Mencantumkan berbagai jenis sumber belajar (buku, laporan hasil penelitian, jurnal, majalah ilmiah, kajian pakar bidang studi, situs-situs internet, multimedia, lingkungan, dan narasumber.)
- Mengacu pada hasil pemetaan SK/KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
J. Penguatan Pendidikan Karakter
- Bisa tambah 1 kolom
- Bisa diletakkan pada kegiatan pembelajaran
- Diambil dari 18 karakter/Nilai Utama Karakter
NILAI-NILAI DAN DISKRIPSI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
KD
|
NILAI
|
DESKRIPSI
|
1
|
Religius
|
Sikap
dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang diantaranya,
toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk
agama lain.
|
2
|
Jujur
|
Perilaku yang didasarkan
pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam
perkataan, tindakan dan pekerjaan.
|
3
|
Toleransi
|
Sikap dan tindakan yang
menghargai perbedaan agama, suku, etnis pendapat, sikap dan tindakan orang
lain yang berbeda dari dirinya.
|
4
|
Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan
patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
5
|
Kerja Keras
|
Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
6
|
Kreatif
|
Berpikir dan melakukan
sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah
dimiliki.
|
7
|
Mandiri
|
Sikap dan prilaku yang tidak
mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
|
8
|
Demokratis
|
Cara berfikir, bersikap dan
bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
|
9
|
Rasa Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan yang
selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya,
dilihat dan didengar.
|
10
|
Semangat Kebangsaan
|
Cara
berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan
negara di atas kepentingan diri sendiri dan kelompoknya.
|
11
|
Cinta Tanah Air
|
Cara berpikir, bersikap dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi
terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan politik
bangsa.
|
12
|
Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang
mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat,
dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
|
13
|
Bersahabat/ Komunikatif
|
Tindakan yang memperlihatkan
rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
|
14
|
Cinta Damai
|
Sikap perkataan dan tindakan
yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
|
15
|
Gemar
Membaca
|
Kebiasaan
menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan
bagi dirinya.
|
16
|
Peduli Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang
selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan
mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
17
|
Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakan yang
selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
|
18
|
Tanggung Jawab
|
Sikap dan perilaku seseorang
untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dia lakukan
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam sosial dan budaya),
negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
|
Format Silabus:
SILABUS
- Nama Sekolah :
- Mata Pelajaran :
- Kelas :
- Semester :
- Alokasi Waktu :
Kompetensi Inti :
- ..
- ..
- ..
- ..
KD
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
IPK
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
PPK
|
0 comments:
Post a Comment