Program Budaya Membaca SMP Negeri 3 Kalikajar

SMP Negeri 3 Kalikajar-Program budaya membaca mulai dilaksanakan hari ini Jumat, 2 September 2016 pada jam pertama yaitu pukul 07.15 s.d. 07.55. Kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan program sekolah untuk setiap hari Jumat pada jam pertama adalah senam/kebersihan/budaya baca. Para siswa diberi kesempatan membaca bahan bacaan yang telah dipersiapkan sesuai pengumuman pada hari Kamis kemarin. Mereka bebas memilih tempat membaca, ada yang di ruang kelas, teras, belakang kelas, di bawah pohon, dan lain-lain. Beberapa siswa ada yang tidak membawa bahan bacaan, akan tetapi ada beberapa siswa yang membawa lebih, sehingga mereka dapat meminjam dan saling melengkapi.

Program tersebut selaras dengan program mengadakan 15 menit membaca yang pernah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang harus diwujudkan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menumbuhkan budaya baca. Salah satu langkah tindak lanjut yang dilakukan adalah Sekolah berupaya membangun sebuah budaya baru untuk gemar membaca.

Budaya baca adalah bagian dari tanggungjawab pendidikan. Artinya, sistem pendidikan, mulai dari tingkat dasar sudah harus mampu menumbuhkan iklim bagi tumbuhnya budaya membaca. Melalui budaya membaca kita bisa menumbuhkan wawasan kultural dan kesadaran budaya masyarakat dengan cara sederhana.

Budaya membaca juga akan menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat sebagai prasyarat tumbuhnya ekosistem budaya yang sehat. Kesadaran kritis hanya bisa dipupuk melalui budaya membaca yang pada akhirnya akan melahirkan masyarakat yang cerdas, memiliki daya saing tinggi dan produktif. Sehingga pada puncaknya kita menjadi sejahtera.

Berikut dokumentasi budaya membaca:
















0 comments: