Taman Bawah

Lokasi Depan Kelas VII B.

Gerbang Depan

Pintu Masuk Utama.

Halaman Sekolah

Lokasi Upacara dan Bermain.

Kegiatan OSIS

Latihan Dasar Kepemimpinan bersama TNI.

Guru Kita

Siap Membimbing dan Mendidik Siswa.

Sang Juara

Lari Jarak Pendek.

Jaksa Goes to School

Belajar Hukum Menyenangkan

Usulan Penetapan Angka Kredit dan Usulan Kenaikan Pangkat/Jabatan

Usulan Penetapan Angka Kredit dan Usulan Kenaikan Pangkat/Jabatan

Berikut ini kami bagikan hasil rapat tentang Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) tahunan, Usulan Kenaikan Pangkat dan Usulan Kenaikan Jabatan PNS yang bersumber dari BKD:

.:: BERKAS PERSYARATAN USUL PENETAPAN ANGKA KREDIT (DUPAK) TAHUNAN

  1. DUPAK Lampiran I, II, III, IV dan Lampiran V
  2. Foto Copy SK Kenaikan Pangkat Terakhir
  3. Foto Copy SK Jabatan Fungsional
  4. Foto Copy Karpeg / KPE
  5. Foto Copy Konversi NIP Baru
  6. Foto Copy SK PAK  Terakhir
  7. Foto Copy PAK Impasing
  8. Foto Copy Ijasah Terakhir
  9. FC Ijasah pendidikan terakhir yang belum diajukan penilaian AK nya, beserta Foto Copy Izin Belajar/tugas belajar
  10. Foto Copy SK Pembagian Tugas KBM
  11. Foto Copy SKP (Sasaran Kinerja Pegawai)
  12. Foto Copy PPK (Penilaian Prestasi Kerja) tahun terakhir
  13. Foto Copy PKG (Penilaian Kinerja Guru)
  14. DUPAK disertai bukti fisik kegiatan sesuai masa penilaian sebagaimana diatur dalam Permenpan nomor 16 Tahun 2009 dan Permendiknas Nomor 35 tahun 2010
  15. Foto Copy Kartu PGRI, IGI (Ikatan Guru Indonesia)
  16. Foto Copy Kartu Anggota Pramuka
  17. Foto Copy Kartu Anggota MGMP 
  18. Laporan Pengembangan Diri
  19. Laporan Melaksanakan Publikasi Ilmiah
  20. Laporan Membuat Karya Inovatif


  • Usulan PAK tahunan dengan masa penilaian selama 1 tahun (2 semester), tidak diperkenankan 3 semester.
  • Masa penilaian melanjutkan/disesuaikan PAK lama masing-masing PNS: Masa Juli-Juni atau Januari-Desember.
  • PAK terakhir boleh menyusul, jika belum jadi.
  • Usul PAK dibuat rangkap 1 (satu).
  • Berkas Usul PAK dimasukkan dalam Snalhecter dan beri Identitas.

.:: PERSYARATAN USUL KENAIKAN JABATAN FUNGSIONAL

Usulan Kenaikan Jabatan diperuntukkan bagi PNS:
  • dari Jabatan Guru Pertama ke Guru Muda (golongan III/b ke III/c)
  • dari Jabatan Guru Muda ke Guru Madya (golongan III/d ke IV/a)
  1. Daftar Usul Kenaikan Jabatan Fungsional
  2. FC SK Impasing Jabatan Guru / SK Jabatan Fungsional Guru terakhir
  3. FC SK Kenaikan Pangkat terakhir
  4. FC SK PAK terakhir
  5. FC SK PAK baru
  6. FC SK Petikan Konversi NIP
  7. Penilaian Prestasi Kerja (PPK) setahun terakhir
  • SK Kenaikan Jabatan dibuat oleh ORPEG dan akan keluar 1 bulan sebelum kenaikan pangkat.
  • Usul Kenaikan Jabatan rangkap 2 (dua).
  • Berkas Usul Kenaikan Jabatan dimasukkan dalam Snalhecter diberi Identitas.
  • Mengirimkan Soft Copy dan Print Out: Daftar Nominatif yang diusulkan Kenaikan Pangkat/Jabatan.

.:: PERSYARATAN BERKAS USUL KENAIKAN PANGKAT PNS

1.    KP REGULER/PEJABAT FUNGSIONAL UMUM (JFU/STAF)
  1. Check list (lampiran 6)
  2. Mengisi data usul kenaikan pangkat
  3. FC SK Pangkat terakhir
  4. FC Ijazah terakhir
  5. FC IPB & IPG Bagi yang memiliki dan belum tercantum dalam KP terakhir
  6. FC STLUD bagi PNS yang pindah golongan
  7. FC Karpeg / KPE
  8. FC Petikan Konversi NIP
  9. FC SK CPNS dan PNS
  10. FC Penilaian Prestasi Kerja PNS Tahun 2014 dan 2015 (SKP, Capaian SKP, Hasil Penilaian)
  11. Surat Pernyataan tidak dalam proses/sedang dijatuhi Hukuman Disiplin
  12. Bagi berkas usul KP regular mohon mencermati listing Nominatif PNS dari BKN dan menyesuaikan dengan format usulan sesuai lampiran 3 dengan ketentuan:
  • Apabila dari daftar nominatif terdapat perbedaan data/perubahan data maka langsung dibenarkan dalam form DIUSULKAN SESUAI LISTING DENGAN PERBAIKAN
  • Apabila terdapat usulan baru dimasukkan dalam form USULAN BARU TIDAK MASUK LISTING
  • Apabila tidak disulkan dimasukkan dalam form TIDAK DIUSULKAN

2.    KP PILIHAN STRUKTURAL (PEJABAT ESELON)
  1. Check list (lampiran 7)
  2. Mengisi data usul kenaikan pangkat
  3. FC SK Pangkat terakhir
  4. FC SK Jabatan (jabatan yang tercantum dalam SKKP terakhir s.d saat ini)
  5. FC Surat Pernyataan Pelantikan & Naskah Pelantikan serta Berita Acara Sumpah Jabatan (jabatan yang tercantum dalam SKKP terakhir s.d saat ini)
  6. FC STTPL Diklat Struktural Pim III / FC STLUD bagi PNS yang pindah golongan III/d ke IV/a
  7. FC Ijazah terakhir
  8. FC IPB & IPG Bagi yang memiliki dan belum tercantum dalam KP terakhir
  9. FC transkrip nilai, bagi Ijazah dan transkrip nilai yang baru pertama kali digunakan wajib dilegalisir oleh lembaga yang mengeluarkan Ijazah (stempel dan tanda tangan asli, bukan hasil scanner, stempel atau FC berwarna)
  10. FC Karpeg / KPE
  11. FC Petikan Konversi NIP
  12. FC SK CPNS dan PNS
  13. FC Penilaian Prestasi Kerja PNS Tahun 2014 dan 2015 (SKP, Capaian SKP, Hasil Penilaian)
  14. Surat Pernyataan tidak dalam proses/sedang dijatuhi Hukuman Disiplin

3.    KP PILIHAN FUNGSIONAL TERTENTU/FUNGSIONAL KHUSUS (GURU)
  1. Check list (lampiran 8)
  2. Mengisi data usul kenaikan pangkat
  3. FC SK Pangkat terakhir
  4. FC PAK Lama (sesuai dengan nilai yg tercantum dalam KP sebelumnya)
  5. PAK baru (untuk KP yang diusulkan)
  6. FC SK kenaikan jabatan fungsional sesuai nama jabatan yang tercantum dalam PAK baru
  7. SK Pengangkatan pertama dalam JFT bagi yang pertama kali naik pangkat
  8. FC Ijazah dan Transkrip
  9. FC Karpeg / KPE
  10. FC Petikan Konversi NIP
  11. FC SK CPNS dan PNS
  12. FC Penilaian Prestasi Kerja PNS Tahun 2014 dan 2015 (SKP, Capaian SKP, Hasil Penilaian)
  13. Surat Pernyataan tidak dalam proses/sedang dijatuhi Hukuman Disiplin
  14. Bagi JFT Guru : FC SK Inpassing Jabatan Guru, PAK Inpassing, PAK Baru sesuai Permenpan 16 Tahun 2009

4.    KP PENYESUAIAN IJAZAH (PI) dan PENINGKATAN IJAZAH
  • Bagi JFU
  1. Check list (JFU/STAF lampiran 9, FUNGSIONAL TERTENTU/KHUSUS (lampiran 10)
  2. Mengisi data usul kenaikan pangkat
  3. FC SK Pangkat terakhir
  4. FC Ijazah, Akta IV dan transkrip nilai wajib dilegalisir oleh lembaga pendidikan yang mengeluarkan Ijazah (stempel dan tanda tangan asli, bukan hasil scanner, stempel atau FC berwarna)
  5. Bagi JFU yang ijin belajar:
  6. a) Surat Keterangan IB / SKB / SKMI
    b) STLUD Penyesuaian Ijazah
  7. Bagi JFU yang tugas belajar
  8. a) SK Tugas Belajar
    b) SK Penempatan Kembali setelah tuga belajar
  9. Uraian Tugas pekerjaan disesuaikan dengan ijazahnya yang ditandatangani Pejabat Eselon II
  10. FC Karpeg / KPE
  11. FC Petikan Konversi NIP
  12. FC CPNS dan PNS
  13. FC Penilaian Prestasi Kerja PNS Tahun 2014 dan 2015 (SKP, Capaian SKP, Hasil Penilaian)
  14. Surat Pernyataan tidak dalam proses/sedang dijatuhi Hukuman Disiplin
  • Bagi JFT
  • Selain persyaratan tersebut diatas untuk kelengkapan berkas ditambah dengan:
  1. FC PAK Lama
  2. PAK baru
  3. FC SK Pembebasan Sementara dari JFT
  4. SK Pengangkatan Kembali dalam JFT
  5. Dikecualikan persyaratan STLUD Penyesuaian Ijazah

CATATAN PENTING:

  1. RANGKAP BERKAS
  2. a. Gol I s.d. III/d rangkap 3 (utk ORPEG 2, dikpora 1)
    b. Gol IV/a dan IV/b rangkap 4 (utk ORPEG 3, dikpora 1)
    c. Gol IV/c rangkap 5 (lima)
  3. WARNA STOPMAP
  4. a. KP Reguler Golongan 1/b s.d. III/d warna MERAH
    b. KP Golongan IV untuk Jabatan Struktural, JFT, JFU warna KUNING
    c. KP JFT warna BIRU
    d. KP PI warna HIJAU
    e. KP Jabatan Struktural warna KUNING
  5. LEGALISASI
  6. a) Bagi PNS yang memperoleh ijazah 1 (satu) tingkat lebih tinggi dari pendidikan yang telah tercantum dalam SK Pangkat terakhir dan baru pertama kali digunakan WAJIB dilegalisir oleh lembaga yang mengeluarkan Ijazah (stempel dan tanda tangan asli, bukan hasil scanner, stempel atau FC berwarna), serta wajib melampirkan Surat Keputusan Tugas Belajar / Surat Keterangan Ijin Belajar / Surat Keterangan Belajar / SKMI (Surat Keterangan Memiliki Ijazah)
    b) Dokumen lainya dilegalisir oleh SKPD
  7. Bagi PNS JFU yang akan melampirkan Ijazah setingkat lebih tinggi harus melengkapi Uraian Tugas (sesuai Tupoksi) yang ditandatangani Pejabat Eselon II
  8. Bagi Jabatan Fungsional Umum dan Struktural tidak melampaui pangkat atasan langsung
  9. Bagi pejabat fungsional tertentu,
  10. a) Arsiparis, Pustakawan, Bidan, Auditor, Apoteker, Asisten Apoteker, Pamong Balajar, Penyuluh Pertanian/Perikanan/Kehutanan, Pranata Labkes, Dosen, Pengawas Sekolah, Penilik, dan Widyaiswara, harus melampirkan SK Jabatan/SK Kenaikan Jabatan.
    b) Arsiparis, Pustakawan, Bidan, Auditor, Penyuluh Pertanian/Perikanan/Kehutanan, harus melampirkan foto copy sah Sertifikat Diklat Ahli apabila Alih jenjang dari terampil ke ahli.
    c) Pejabat Fungsional Tertentu yang diusulkan kenaikan pangkatnya pertama kali harus melampirkan SK Pengangkatan Pertama dalam Jabatan, TMT SK Pengangkatan Pertama dalam Jabatan sampai dengan TMT Kenaikan Pangkat minimal 1 tahun.
  11. Bagi PNS yang memiliki,
  12. a) Peninjauan Masa Kerja (PMK) untuk melampirkan SK PMK.
    b) Pindah Wilayah Kerja (PWK) untuk melampirkan SK PWK Gubernur (pindah di wilayah Jateng) dan SK PWK BKN (pindah antar provinsi).
    c) Perbedaan data di Konversi NIP dengan data di SK CPNS/PNS harap mengisi kolom catatan di lembar check list.

Daftar Singkatan:
No
Singkatan
Kepanjangan
1
FC      
Foto Copy
2
PAK   
Penetapan Angka Kredit
3
SK      
Surat Keputusan
4
JFU    
Pejabat Fungsional Umum
5
JFT     
Pejabat Fungsional Tertentu
6
STLU 
Surat Tanda Lulus Ujian
7
IPG   
Ijin Penggunaan Gelar
8
PMK  
Peninjauan Masa Kerja
9
PWK  
Pindah Wilayah Kerja
10
PPK   
Penilaian Prestasi Kerja
11
SKPD 
Satuan Kerja Perangkat Daerah





Sambutan Kepala SMP Negeri 3 Kalikajar

Ngazam Salimal Mutaqim, S.Pd., MM.Pd.



Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

     Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua.
Dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan semakin majunya dunia pendidikan saat ini. Berkaitan dengan itu, SMP Negeri 3 Kalikajar  membuat webblog yang bertujuan sebagai wadah informasi dan komunikasi bagi guru, siswa, orang tua dan masyarakat.
     
     Dunia pendidikan di Indonesia saat ini sudah mengarah pada pembelajaran ICT (Information, Communication, and Technology). Webblog atau website adalah salah satu sarana untuk menunjang pendidikan berbasis ICT. Di dalam blog ini berisi berbagai macam informasi sekolah dan juga berisi pembelajaran untuk siswa maupun guru. Pembelajaran diusahakan mengarah kepada e-learning. Selain materi pelajaran yang sudah diberikan oleh bapak/ibu guru di dalam kelas, di dalam blog ini siswa dapat memanfaatkan materi pembelajaran dan video-video pendukung dalam meningkatkan pengetahuan.

     Kami menyadari bahwa blog ini masih sederhana dan jauh dari sempurna, banyak informasi-informasi atau kegiatan sekolah yang tidak terekspos/belum disampaikan, tetapi niat untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di SMP Negeri 3 Kalikajar ini sangat besar dan kami berharap blog ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh semua pihak dan warga SMP Negeri 3 Kalikajar. Saran dan kritik yang membangun, demi kemajuan SMP Negeri 3 Kalikajar sangat kami harapkan. Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.



Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Profil Sarpras SMP Negeri 3 Kalikajar

.:: Profil Sarana Prasarana

    1. Kepala Sekolah : Ngazam Salimal Mutaqim, S.Pd., MM.Pd
    2. Operator : Basiran
    3. NSS : 201030707003
    4. NPSN : 20306831
    5. No. Telpon : 0286329308
    6. Kode Pos : 56372
    7. E-Mail : smp3klkjr@yahoo.co.id
    8. Website SMP Negeri 3 Kalikajar: https://smpn3kalikajar.blogspot.com
    9. Instagram SMP Negeri 3 Kalikajar: https://www.instagram.com/smpnegeri3kalikajar
    10. Youtube SMP Negeri 3 Kalikajar: https://www.youtube.com/channel/UCClQ4bjPYzD0-1k-r3IxsuQ
    11. Channel Telegram SMP Negeri 3 Kalikajar: https://t.me/Spentika
    12. Perpustakaan Online SMP Negeri 3 Kalikajar: http://anyflip.com/bookcase/mngrz
    13. Status Sekolah : Negeri
    14. Status Akreditasi : Terakreditasi A (Unggul) dengan Nilai 91 (berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2026)
    15. No. SK. Akreditasi : 1347/BAN-SM/SK/2021
    16. Tanggal SK. Akreditasi : 8 Desember 2021
    17. Naungan : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    18. No. SK. Pendirian : 0216/1992
    19. Tanggal SK. Pendirian : 05 Mei 1992
    20. Tanggal SK. Operasional : 01-01-1910
    21. No. Sertifikasi ISO : Belum Bersertifikat
    22. Alamat: Desa Kembaran Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah
    23. Luas Tanah Sekolah : 8.950 M²
    24. Ruang belajar : 17 ruang
    25. Laboratorium IPA : 1 ruang
    26. Laboratorium Komputer : 2 Ruang
    27. Lapangan Basket : 1
    28. Kolam Renang : 1
    29. Ruang Kepala Sekolah : 1 ruang
    30. Ruang Guru : 1 ruang
    31. Ruang TU : 1 ruang
    32. Ruang Perpustakaan : 1 ruang
    33. Ruang BP : 1 ruang
    34. Ruang OSIS : 1 ruang
    35. Ruang UKS : 1 ruang
    36. WC Kepala Sekolah : 1 ruang
    37. WC Perpustakaan : 1 ruang
    38. WC Guru : 2 ruang
    39. WC Siswa : 10 ruang
    40. Dapur : 2 ruang
    41. Mushola : 1
    42. Kantin: 8 ruang
    43. Tempat Parkir: 2
    44. Guru : 32 orang
    45. Karyawan: 7 orang
    46. Siswa Laki-laki : 307 orang
    47. Siswa Perempuan : 240 orang
    48. Rombongan Belajar : 17
    49. Kurikulum : K-13 dan Kurikulum Merdeka
    50. Penyelenggaraan : sehari penuh/6 hari 
    51. Akses Internet : Indihome
    52. Daya Listrik : 5.500 W
    53. Status Tanah : Hak Pakai


Struktur Organisasi SMP Negeri 3 Kalikajar

 

tata usaha

struktur smpn3kalikajar

struktur perpustakaan

mekanisme penanganan siswa

pengurus OSIS


Lab IPA

UKS




1. Kepala Sekolah 

Ngazam Salimal Mutaqim, S.Pd., M.M.Pd.

      Ngazam Salimal Mutaqim, S.Pd., M.M.Pd.

                                                               2. Wakil Kepala Sekolah                                                         
  
Drs. EKO MULARDI

                                                                Drs. EKO MULARDI                                                       
                                            (Mengampu Mata Pelajaran  Bahasa Inggris)  

                                                            3. Wakil Kepala Sekolah


                                                              YULI SUPRIYANTO, S.Pd    
      (Mengampu Mata Pelajaran Bahasa Jawa)

4. Standar Isi

SETYO NUGROHO, M.Pd.

SETYO NUGROHO, M.Pd.
(Mengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia)

5. Standar Proses

YOSEPHINE IDA KHRISNAMURTI, S.Pt., M.Pd.

YOSEPHINE IDA KHRISNAMURTI, S.Pt., M.Pd.
(Mengampu Mata Pelajaran IPA)

6. Standar Penilaian

IDA MUSTIKAWATI, S.Pd.

IDA MUSTIKAWATI, S.Pd.
(Mengampu Mata Pelajaran PKN)

7. Standar SKL

ENI BUDIARTI, S.Pd.

ENI BUDIARTI, S.Pd.
(Mengampu Mata Pelajaran Seni Budaya)

8. Standar Pengelolaan

ISTIANAH, S.Pd.

ISTIANAH, S.Pd.
(Mengampu Mata Pelajaran Matematika)

9. Standar PTK

Sigit Purwanto, S.Pd.Si.

Sigit Purwanto, S.Pd.Si.
(Mengampu Mata Pelajaran IPA)

10. Standar SARPRAS

Drs. GATOT ANDOKO, MM.Pd

Drs. GATOT ANDOKO, MM.Pd
(Mengampu Mata Pelajaran PJOK)

11. Standar Pembiayaan

WENING RINASARI, S.Pd.

WENING RINASARI, S.Pd.
(Mengampu Mata Pelajaran IPS)

12. Mengampu Pendidikan Agama Islam

KHOIRUL AMIN, S.Pd.I

KHOIRUL AMIN, S.Pd.I

13. Mengampu Pendidikan Agama Islam

AHMAD ATAL AIDI, S.Pd.I

AHMAD ATAL AIDI, S.Pd.I

14. Mengampu Pendidikan PKN

IWAN KASTIWAN, S.Pd.

IWAN KASTIWAN, S.Pd.

15. Mengampu Mata Pelajaran PKN











Eko Nandang Sungkowo, S. Pd.

16. Mengampu Pendidikan Bahasa Indonesia

ELLYS SAKNAH, S.Pd.

ELLYS SAKNAH, S.Pd.

17. Mengampu Pendidikan Bahasa Indonesia

SURYANI SUBEKTI UTAMI, S.Pd.

SURYANI SUBEKTI UTAMI, S.Pd.

18. Mengampu Pendidikan Bahasa Indonesia

ARDIANTA DWI PRASETYO. S.Pd.

ARDIANTA DWI PRASETYO. S.Pd.

19. Mengampu Mata Pelajaran Matematika

HERMANTO, S.Pd.

HERMANTO, S.Pd.

20. Mengampu Mata Pelajaran Matematika

Wiwik Indarwati, S.Pd.

Wiwik Indarwati, S.Pd.

21. Mengampu Mata Pelajaran IPA










Puput Novia Anggraeni

22.     Mengampu Mata Pelajaran Bahasa Inggris

ROCHAYATI, S.Pd.

ROCHAYATI, S.Pd.

23. Mengampu Mata Pelajaran Bahasa Inggris

GAYU BENING APSARI, S.Pd.

GAYU BENING APSARI, S.Pd.

24. Mengampu Mata Pelajaran IPS

SRI NARMI, S.Pd, MM.Pd.

SRI NARMI, S.Pd, MM.Pd.

25. Mengampu Mata Pelajaran IPS

DIDIK ADI PRASETYO, S.Pd.
 
DIDIK ADI PRASETYO, S.Pd.

26. Mengampu Mata Pelajaran SBK

AGUSTINA FITA ARUMSARI, S.Pd.

AGUSTINA FITA ARUMSARI, S.Pd.

27. Mengampu Mata Pelajaran Bahasa Jawa

NANIK RUSWANTI, S.Pd.

NANIK RUSWANTI, S.Pd.

28. Mengampu Mata Pelajaran PJOK

AKHMAD LAZIM, S.Pd.

AKHMAD LAZIM, S.Pd.

29. Mengampu Mata Pelajaran Prakarya

ZUMROTUNNISA', S.Pd.

ZUMROTUNNISA', S.Pd.

30. GURU BIMBINGAN KONSELING

Khalifah Prasetyo Ermando, S.Pd.

 Khalifah Prasetyo Ermando, S.Pd.

31. Kepala Sub. Bagian Tata Usaha

BASIRAN, S.Pd.

BASIRAN, S.Pd.

32. Staff Tata Usaha

Fredi Irawan, S.M

Fredi Irawan, S.M

33. Tenaga Keamanan/Jaga Malam

Tusiman

Tusiman

34. Pembantu Umum

Slamet Raharjo

Slamet Raharjo

38. Satpam

Salim

Salim