Catatan Penilaian Kurikulum Merdeka

 👉Assesment of learning = penilaian akhir pembelajaran (ujian nasional, ujian sekolah, tes sumatif/PAS)

👉Assesment for learning = penilaian untuk pembelajaran ( penugasan,presentasi,proyek,kuis)

👉Assesment as learning = penilaian sebagai pembelajaran 👉 dilaksanakan selama proses pembelajaran melibatkan peserta didik untuk merumuskan prosedur penilaian

-------------------

Secara sederhana kaya gini.

Formatif=memperbaiki proses pembelajaran

Sumatif=hasil dan kemajuan belajar

Selektif=untuk menyeleksi

Diagnosa=mendiagnosa kesulitan belajar

Penempatan=untuk menempatkan siswa berdasarkn kemampuan.

---------------------

🔑 Materi


📍a. Sintak model Discovery Learning  

1) Pemberian rangsangan (stimulation); 

2) Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement); 

3) Pengumpulan data (data collection); 

4) Pengolahan data (data processing);. 

5) Pembuktian (verification); dan 

6) Menarik simpulan/generalisasi (generalization).


📍b. Sintak/tahap model inkuiri meliputi: 

1) Orientasi masalah; 

2) Pengumpulan data dan verifikasi; 

3) Pengumpulan data melalui eksperimen; 

4) Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi; dan 

5) Analisis proses inkuiri.


📍c. Sintak model Problem-based Learning menurut Arends (2012), sebagai berikut: 

a. Orientasi peserta didik pada masalah; 

b. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar; 

c. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok; 

d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan 

e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.


📍 Karakteristik PjBL antara lain: 

a. Penyelesaian tugas dilakukan secara mandiri dimulai dari tahap perencanaan,  

penyusunan, hingga pemaparan produk; 

b. Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan; 

c. Proyek melibatkan peran teman sebaya, guru, orang tua, bahkan masyarakat; 

d. Melatih kemampuan berpikir kreatif; dan 

e. Situasi kelas sangat toleran dengan kekurangan dan perkembangan gagasan.

0 comments: