👉Assesment of learning = penilaian akhir pembelajaran (ujian nasional, ujian sekolah, tes sumatif/PAS)
👉Assesment for learning = penilaian untuk pembelajaran ( penugasan,presentasi,proyek,kuis)
👉Assesment as learning = penilaian sebagai pembelajaran 👉 dilaksanakan selama proses pembelajaran melibatkan peserta didik untuk merumuskan prosedur penilaian
-------------------
Secara sederhana kaya gini.
Formatif=memperbaiki proses pembelajaran
Sumatif=hasil dan kemajuan belajar
Selektif=untuk menyeleksi
Diagnosa=mendiagnosa kesulitan belajar
Penempatan=untuk menempatkan siswa berdasarkn kemampuan.
---------------------
🔑 Materi
📍a. Sintak model Discovery Learning
1) Pemberian rangsangan (stimulation);
2) Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement);
3) Pengumpulan data (data collection);
4) Pengolahan data (data processing);.
5) Pembuktian (verification); dan
6) Menarik simpulan/generalisasi (generalization).
📍b. Sintak/tahap model inkuiri meliputi:
1) Orientasi masalah;
2) Pengumpulan data dan verifikasi;
3) Pengumpulan data melalui eksperimen;
4) Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi; dan
5) Analisis proses inkuiri.
📍c. Sintak model Problem-based Learning menurut Arends (2012), sebagai berikut:
a. Orientasi peserta didik pada masalah;
b. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar;
c. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok;
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan
e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
📍 Karakteristik PjBL antara lain:
a. Penyelesaian tugas dilakukan secara mandiri dimulai dari tahap perencanaan,
penyusunan, hingga pemaparan produk;
b. Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan;
c. Proyek melibatkan peran teman sebaya, guru, orang tua, bahkan masyarakat;
d. Melatih kemampuan berpikir kreatif; dan
e. Situasi kelas sangat toleran dengan kekurangan dan perkembangan gagasan.
0 comments:
Post a Comment